Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Danish Dutch English French German Greek Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Cari Arsip Berita

Kemendikbud --- Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar acara bincang-bincang atau talkshow dengan cucu Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional. Dalam gelar wicara bertajuk “Merayakan Guru Bangsa: Guru Mulia Karena Karya” itu, Mendikbud Muhadjir Effendy berbincang-bincang dengan cucu-cucu Ki Hadjar Dewantara.

“Hari Pendidikan Nasional ini memang sangat khas, yakni berdasarkan kelahiran seorang tokoh bernama Ki Hadjar Dewantara. Ini adalah bentuk penghargaan yang luar biasa. Beliau memiliki pengaruh dan peranan besar dalam dunia pendidikan, tentu saja tanpa mengecilkan peran tokoh lain,” ujar Mendikbud saat gelar wicara di Gedung Ki Hadjar Dewantara Kemendikbud, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Gelar wicara tersebut dihadiri cucu-cucu Ki Hadjar Dewantara, yaitu Antarina SF Amir, Litasari, Ganawati dan Widayati. Keempatnya membuka kembali memori bersama Ki Hadjar Dewantara yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman-pemahaman yang diajarkan Ki Hadjar Dewantara juga dirasakan oleh para keluarganya.

“Banyak hal yang beliau sampaikan, salah satunya yaitu harus berbuat baik kepada siapa saja dan tidak boleh membedakan-bedakan. Ia juga selalu mengingatkan untuk segera mendirikan pendidikan untuk anak bangsa, khususnya mereka yang tidak mendapatkan pendidikan yang sama dengan yang lain. Ki Hadjar Dewantara banyak sekali mendorong kami (melakukan perubahan),” urai salah satu cucu Ki Hajar Dewantara.

Untuk mendukung gelar wicara “Merayakan Guru Bangsa”, Kemendikbud melalui Direktorat Sejarah Ditjen Kebudayaan juga menyelenggarakan pameran riwayat hidup Taman Siswa. Dalam pameran ini ditampilkan foto-foto lama tentang Taman SIswa dan kegiatan Ki Hadjar Dewantara di bidang pendidikan semasa hidupnya. Foto-foto tersebut masih berwarna hitam-putih, diperoleh dari arsip Perpustakaan Nasional. Pameran foto Taman Siswa juga bergabung dengan Pameran Foto Pendidikan, bertempat di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, dan bisa dikunjungi masyarakat umum dari tanggal 2 hingga 4 Mei 2017. 

kemdikbud